Sunday, April 6, 2014

Captain America : The Winter Soldier (2014)


Di tahun ini memang akan bertebaran film-film superhero, seperti Robocop, Captain America, The Amazing Spiderman, dan Ninja Turtles. Film Captain America : The Winter Soldier sukses menjadi salah satu pembuka film superhero di tahun ini. Marvel Studio sangat berhasil memberikan karya film yang sangat bagus. Setiap scene memiliki makna dan tidak ada scene yang terasa membosankan. 





Kalau buat saya, film kedua dari Captain America ini lebih seru dari sebelumnya yaitu Captain America : The First Avenger. Film superhero tersebut kurang seru, tidak seperti film karya Marvel lainnya, seperti Iron Man, Hulk, dan Thor. Namun, film kedua ini sangat berbeda dari film pertamanya. Tapi bagi kalian yang belum nonton Captain America:The First Avenger, kalian tetap bisa mengerti jalannya film ini. 


Captain America : The First Avenger, menceritakan tentang bagaimana Steve Rogers (Chris Evans) bisa menjadi Captain America dan melawan bagian sains nazi, yaitu Hydra yang dipimpin oleh Johann Schimdt/Red Skull (Hugo Weaving). Nah, berlanjut dari film tersebut dan film The Avengers, Captain America kembali membantu SHIELD (Strategic Homeland Intervention, Enforcement, and Logistic Division) yang dipimpin oleh Nick Fury (Samuel L. Jackson). Pada film Captain America yang pertama, diceritakan juga bahwa Captain America tertidur selama hampir 70 tahun. Karena perbedaan zaman ini, sang Captain mulai kebingungan mencari makna kebenaran. Apalagi, SHIELD yang selama ini ia anggap organisasi untuk membela kebenaran, ternyata tidak sesuai dengan jalan pikirannya. Captain America akhirnya menemukan bahwa Hydra yang selama ini ia pikir sudah ia musnahkan, ternyata masih ada dan ada di dalam SHIELD. Mereka terselip di dalam SHIELD dan menjalankan proyek Insight untuk membunuh orang-orang yang dianggap mengancam Hydra. Captain America dibantu oleh Natasha Romanoff/Black Widow (Scarlett Johansson) dan Sam Wilson/Falcon (Anthony Mackie) berusaha mencegah berjalannya proyek tersebut dan menghacurkan Hydra yang bersarang dalam SHIELD. Namun, pertarungan tersebut tidak mudah karena Hydra memiliki The Winter Soldier (Sebastian Stan) yang mau melawan semua orang yang menghadang keinginan Hydra.

















Setiap efek benar-benar sangat bagus dan terlihat lebih real. Selain itu, banyak adegan pertarungan yang bikin saya ga mau berkedip. Bagi para perempuan, tidak mungkin tidak kagum melihat otot Steve Rogers. Ditambah lagi, karisma dan wibawanya sebagai Captain America memang bener-bener keren banget. Selain jagoan utama, musuh utama yaitu The Winter Soldier juga ga kalah keren. Dia menunjukkan kekuatan serta keahliannya dalam bertarung. Walaupun semua orang yakin kalau jagoan ga mungkin kalah, tapi kalian harus tonton dulu bagaimana Captain America menghadapi Winter Soldier.


Tidak hanya jagoan dan musuh utama saja yang berperan sangat bagus. Black Widow dan Falcon juga memerankan tokohnya dengan baik. Sebagai penolong Captain America, peran yang mereka mainkan sangat pas. Tidak berlebihan sehingga mengalahkan porsi peran tokoh utama, tapi juga tidak kekurangan seperti 'yang penting ada di film'. Pokoknya seluruh peran terasa sangat pas sehingga kita bisa merasa bahwa ini bukan hanya film, ini bisa saja terjadi beneran di kehidupan nyata.

Oh iya, seperti kebiasaan film Marvel lainnya, akan ada teaser setelah film selesai. Jadi, jangan buru-buru meninggalkan bioskop. Teaser tersebut akan menunjukkan sedikit cerita dari The Avengers 2. Walaupun cuma beberapa detik, tapi kalau tidak nonton teaser tersebut, pasti menyesal.


Film ini tersedia dalam format 2D, 3D, dan IMAX 3D. Tapi saran saya, menonton dalam format 2D sudah cukup bagus. Saya sendiri mencoba menonton dalam format 2D dan 3D dan membandingkannya. Menurut saya, keduanya tidak ada bedanya padahal saya berharap yang 3D akan lebih keren. Tidak ada efek 3D yang spesial sehingga walaupun menggunakan kacamata 3D, rasanya seperti menonton film 2D. Jadi, daripada mengeluarkan uang lebih untuk menonton dalam format 3D tapi ga ada bedanya dengan format 2D, lebih baik nonton yang 2D saja.


Banyak sekali orang yang memuji-muji film ini (termasuk saya). Hal ini terbukti juga di IMDB. IMDB memberikan rating 8.3/10. Rating yang sangat tinggi dan peningkatan yang tinggi dari film sebelumnya. Captain America:The First Avenger hanya mendapat rating 6.8/10. Cukup jauh dengan Captain America:The Winter Soldier kan?


Do not hesitate to watch this movie because you will regret if you miss it.



By : Irine Jelika

No comments:

Post a Comment