Sunday, May 25, 2014

X-Men : Days of Future Past (2014)


Marvel kembali mengeluarkan salah satu film terbaiknya. Setelah Captain America, The Amazing Spider-man, sekarang Marvel merilis lanjutan sekuel X-Men yang berjudul Days of Future Past. Masih dibawah arahan producer Bryan Singer, X-Men:Days of Future Past merupakan salah satu film bukti kesuksesan Marvel. FIlm yang bertaburan artis Hollywood ternama ini mulai hadir di bioskop Indonesia sejak tanggal 23 Mei 2014.



Masih seperti film X-Men sebelumnya, film ini menceritakan para mutan, manusia yang memiliki kemampuan berbeda dari manusia biasa. Tokoh-tokoh yang ada juga masih seputar Professor X, Magneto, Mystique, dan tentu saja Wolverine. Yang berbeda kali ini adalah ada 2 aktor yang memerankan tokoh yang sama. Mengapa demikian? Karena X-Men kali ini menceritakan perjalanan Wolverine kembali ke masa lalu, jadi ia akan bertemu dengan Professor X dan Magneto yang sudah tua dan yang masih muda.



Sesuai dengan judul : Days of Future Past, film ini menceritakan perjalanan ke masa lalu. Jadi, pada awal film, ditunjukkan bahwa di masa sekarang, para mutan dibunuh oleh pasukan mesin bernama Sentinel. Tidak hanya para mutan, tetapi manusia yang menolong mutan juga dihabisi. Dunia dikuasai oleh orang jahat yang memanfaatkan Sentinel untuk membunuh orang-orang yang menghalangi mereka. Sentinel merupakan mesin pembunuh yang bisa berubah sesuai dengan kemampuan untuk melawan musuhnya. Mesin ini diinspirasi dari gen Mystique/Raven (Jennifer Lawrence) yang memiliki kemampuan transformasi. 


Untuk mencegah perang ini terjadi, Professor X (Patrick Stewart) dan Magneto (Ian McKellen) mengutus Wolverine (Hugh Jackman) untuk menemui mereka di masa lalu. Tugas Wolverine adalah mencegah Mystique membunuh Dr. Bolivar Trask (Peter Binklage), seorang ilmuwan yang menciptakan Sentinel dan menganggap bahwa para mutan harus dibunuh. Peristiwa pembunuhan Dr. Trask membuat Mystique tertangkap dan menjadi bahan percobaan untuk membuat Sentinel. Peristiwa tersebut juga merupakan pemicu permusuhan antara manusia dan mutan. Oleh karena itu, Wolverine memiliki tugas untuk menyatukan Charles Xavier (James McAvoy) dan Erik Lehnsherr (Michael Fassbender) untuk saling bekerja sama mencegah Mystique melakukan pembunuhan.

X-Men:Days of Future Past sempat mendapat rating lebih dari 9 di imdb, namun sekarang turun menjadi 8.7/10. Film ini memang memberikan tontonan yang menegangkan sekaligus mengharukan. Misalnya saja saat Wolverine sudah akan kehabisan waktu di masa lalu. Adegan tersebut membuat penonton deg-degan dan menanti bagaimana akhir dari film ini. Namun, di sisi lain, usaha Charles membujuk Raven untuk tidak membunuh sangat mengharukan. Karena mereka merupakan teman sejak kecil, Charles tidak mau masuk ke dalam pikiran Raven, ia hanya mau meluluhkan hatinya sedikit demi sedikit.

Efek audio maupun visual dari film ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Efek saat mutan bertarung dengan Sentinel, Mystique melakukan transformasi, maupun efek Magneto yang terbang. Semuanya dikemas dan disajikan dengan sangat baik. Alur cerita juga sangat jelas, bahkan perjalanan waktu ini terasa begitu nyata dan bisa dilakukan di dunia nyata. Mereka tidak tiba-tiba menemukan mesin waktu seperti di Doraemon, tetapi memanfaatkan kemampuan dari Kitty (Ellen Page). Untuk lebih detailnya lagi, kalian harus menonton film ini terlebih dahulu. 

Yang sedikit mengecewakan dari film ini adalah tidak ada tokoh baru yang muncul. Saya sendiri berharap ada beberapa mutan baru yang muncul dan berperan penting dalam film. Ternyata mutan yang berperan penting masih seputar Wolverine, Mystique, Professor X, dan Magneto. Pemeran utama dari film ini adalah Wolverine dan saya sangat kecewa karena kemampuan Wolverine tidak begitu terlihat. Padahal Wolverine adalah tokoh utama di film ini, namun pertarungan yang ia lakukan hanya sedikit sehingga kekuatannya tidak terasa. Bahkan saya merasa di film ini Wolverine sangat lemah dan cakar adamantiumnya tidak ditunjukkan.

Seperti biasa, Marvel selalu menghadirkan teaser setelah seluruh credit. Walaupun hanya beberapa detik saja, tetapi teaser ini selalu menjadi daya tarik tersendiri sehingga para penonton rela menunggu hingga akhir dari credit. Sedikit spoiler/bocoran saja, teaser yang ada di akhir credit menunjukkan film X-Men berikutnya. Jadi, jika Anda penasaran, jangan cepat-cepat meninggalkan bioskop dan tunggulah teaser tersebut.

Untuk lebih dalam mengenal seluruh karakter di film ini, Anda bisa mengakses situs ini: http://www.x-menmovies.com/. Selain penjelasan seluruh tokoh, Anda juga bisa menonton berbagai trailer dari film ini, juga mendapatkan beberapa foto mengenai X-Men.

So, enjoy your journey to the past!




By:Irine Jelika

No comments:

Post a Comment