Tuesday, April 22, 2014

Odd Thomas (2013)



Saya baru saja menonton film yang memiliki genre thriller misteri yang disutradarai oleh Stephen Sommers, sutradara yang juga pernah menyutradarai film G.I.Joe : The Rise of Cobra, The Scorpion King, dan sekuel The Mummy. Film ini sebenarnya diangkat dari novel karya Dean Koontz yang baru memberi hak cipta kepada sutradara ternama tersebut pada 2012 lalu. Film ini didukung oleh salah satu bintang ternama, yaitu Willem Dafoe yang pernah membintangi Spiderman sebagai Green Goblin dan saya juga mengidolakannya. Selain itu juga ada bintang muda seperti Anthon Yelchin dan Addison Timlin. Para bintang inilah yang membuat saya ingin menonton Odd Thomas.


Film ini menceritakan kehidupan seorang pemuda bernama Odd Thomas (Anthony Yelchin), yang terlihat hanya sebagai seorang pembuat makanan di sebuah cafe kecil, namun ternyata memiliki kehidupan luar biasa. Ia memiliki bakat unik, yaitu dapat melihat arwah-arwah orang mati, juga makhluk aneh dari neraka yang ia sebut 'hantu'. Makhluk ini tidak mau dilihat oleh manusia, sehingga jika makhluk ini tahu bahwa Odd Thomas bisa melihat mereka, Odd Thomas akan dibunuh. Makhluk ini tertarik akan kematian sehingga akan berkumpul untuk melihat dan menikmati jika ada pembunuhan yang kejam. 

Kehidupan mistis Odd Thomas berlanjut hingga suatu hari ketika sedang bekerja ia mendapat penglihatan bahwa ada seseorang yang didatangi oleh begitu banyak 'hantu'. Ia memutuskan untuk mengikuti orang tersebut karena tahu bahwa akan ada pembunuhan dekat orang itu. Odd Thomas merasa bertanggung jawab untuk mengetahui dan mencegah pembunuhan yang akan dilakukan orang tersebut. Ternyata, pembunuhan yang akan dilakukan bukan pembunuhan biasa, melainkan pembunuhan massal yang mengorbankan banyak orang.

Dengan bantuan kekasihnya, Stormy Llewellyn (Addson Timlin) ia mencari petunjuk agar pembunuhan masal ini tidak terjadi. Begitu banyak rintangan mereka lalui dan segala informasi yang didapat selalu dilaporkan kepada seorang Kepala Polisi Wyatt Porter (Willem Dafoe). Sang kepala polisi ini sangat mempercayai segala yang dikatakan oleh Odd.


Dari segala sisi, film ini mampu membuat saya memiliki ketertarikan dan mengajak saya untuk berpikir. Efek visual juga sudah cukup bagus, walau masih kalah jika dibandingkan dengan film sejenis yang lain. Tetapi pembuatan 'hantu' bisa sedikit diapresiasi. Kesan seram sudah didapat, walaupun tidak terlalu seram untuk membuat para penonton takut setiap melihatnya. Informasi yang kurang jelas juga menimbulkan kebingungan untuk menebak pelakunya. Padahal saya juga mendambakan efek visual yang lebih canggih dari film ini. Secara keseluruhan, saya merekomendasikan Odd Thomas untuk ditonton oleh para penggemar film bergenre thriller misteri yang juga senang untuk turut berpikir dalam memecahkan siapa pelaku kejahatan yang ada.

Di luar negeri, sebenarnya film ini sudah rilis sejak tahun 2013 tetapi baru tayang di Indonesia sekarang ini. IMDB memberikan rating 6.8/10 untuk Odd Thomas. Rating yang standar dan tidak terlalu tinggi sebenarnya. Tetapi sutradara berpengalaman dalam menciptakan film keren serta sinopsis cerita yang unik tetap cukup menjadi alasan untuk menonton film ini.

Mungkin film ini akan ada sekuelnya, tapi ini hanya dugaan saya saja loh. Di akhir film, Odd Thomas pergi ke kota lain, mungkin akan ada peristiwa pembunuhan lainnya yang harus ia gagalkan di kota tersebut. Oleh karena itu, lebih baik Anda menonton film pertama ini agar mendapat feeling lebih saat menonton sekuel berikutnya.


Walaupun bergenre horror thriller, namun tetap ada unsur drama yang ditunjukkan Odd dan Stormy. Dari awal hingga akhir film, chemistry yang ditunjukkan mereka sebagai pasangan begitu terasa. Dari keseluruhan film ini, akhir film merupakan bagian yang sangat saya sukai. Sedikit spoiler saja, it's not a happy ending story. Film ini cukup berkesan, walaupun adegan horror dan thriller nya justru tidak terasa, tetapi secara keseluruhan film ini worth to watch. 



By : Irine Jelika

No comments:

Post a Comment