Tuesday, March 25, 2014

Divergent (2014)




Film ini menceritakan kehidupan seorang wanita bernama Beatrice / Tris yang diperankan oleh Shailene Woodley. Pada jaman dia hidup, remaja yang beranjak dewasa harus melalui sebuah tes untuk mengetahui karakteristik masing-masing. Ada 5 kategori manusia yaitu Candon (jujur), Erudith (pintar), Amity (suka damai), Dauntless (pemberani tanpa rasa takut), dan Abnegtion (suka menolong tanpa pamrih). Penggolongan ini bertujuan agar setiap manusia melakukan kemampuan terbaik mereka dan perdamaian akan tercipta.


Setalah Tris melalui tes, ternyata ia tidak masuk ke dalam 5 kategori tersebut, maka ia disebut divergent (berbeda). Wanita yang melakukan tes pada Tris memperingatkannya untuk merahasiakan karakter divergent yang ia miliki pada siapapun karena seorang divergent dianggap berbahaya.


Karena Tris tidak masuk ke golongan manapun, Tris memutuskan untuk berpura-pura menjadi seorang Dauntless. Dia berusaha lulus dari tes keberanian agar diakui menjadi Dauntless, seperti terjun dari atas gedung, bertarung, dan dilempari pisau. Namun, ada fakta lain yang mengejutkan Tris. Ternyata salah satu pemimpinnya yaitu Four (Theo James) juga seorang divergent.


Film yang diangkat dari buku best seller karangan Veronica Roth ini cukup seru untuk ditonton. Selain alur utama film ini yaitu bagaimana Tris berusaha menyesuaikan diri menjadi Dauntless sambil menyembunyikan identitas aslinya sebagai Divergent, terdapat selipan drama romantis dan persahabatan serta kekeluargaan. Ada beberapa 'twist' di film ini yang sungguh di luar dugaan. Sikap pantang menyerah yang dimiliki Tris membuat saya penasaran dengan akhir film ini.


IMDB memberikan point 7.6/10 untuk film ini. Nilai yang cukup tinggi di antara film-film lainnya. Sebagai salah satu film yang dinantikan di tahun 2014, saya sendiri berekspektasi sangat tinggi sebelum menonton film ini. Namun, sepertinya ekspektasi saya terhadap film ini terlalu berlebihan. Ending yang sangat menggantung dan beberapa scene yang sudah tertebak menjadi bagian yang kurang seru dari film ini. Memang film ini masih film pertama dari Trilogi Divergent, jadi kita tunggu saja bagaimana kelanjutan dari film ini. Apakah akan lebih baik atau tidak?


By : Irine Jelika

No comments:

Post a Comment